Selamat datang di blog saya..... moga bisa menambah motifasi bagi kita untuk lebih mencintai Sang Kholik...dan mengaplikasikan dalam tiap tarikan nafas, saya hanyalah manusia biasa, tulisan disini merupakan hasil dari berbagai sumber, apabila bermanfaat silahkan di copy paste tanpa harus di sertai sumbernya. dengan maksud saling berbagi moga dapat bermanfaat dan mendapat Ridhonya.

Minggu, 14 Maret 2010

PonPes Assalam Mutiara Sri Gunung






VISI DAN MISI
PONDOK PESANTREN ASSALAM
Jl. Palembang Jambi Km. 121 Sri Gunung Sungai Lilin Musi Banyuasin
Sumatera Selatan 30755 Tlp. 0828 81070421, 0813 67537543


VISI : Membentuk system kehidupan yang islami berorientasikan kepada
Mardhotillah melalui proses Pendidikan dan Pengajaran yang terpadu.


MISI :
1. Memberi peringatan kepada masyarakat setelah pulang dari
Pendidikan (QS. At Taubah : 122)
2. Menanamkan Aqidah yang lurus, Ibadah yang benar, serta Akhlak yang
mulia kepada santri khususnya dan kepada masyarakat umumnya.
3. Melakukan proses dakwah yang terus menerus dan berkesinambungan
kepada seluruh lapisan masyarakat.

Awal berdirinya Pontren ini merupakan prakarsa orang tua santri Pesantren Moderen Darussalam Lampung. Ia adalah Bpk. Abdulah Mukiran seorang pedagang bibit tanaman. Kepada KH. Masrur Musir – Guru Pesantren –ia menawarkan untuk membuka pesantren didaerahnya. Namun KH. Masrur Musir kurang tertarik dengan tawaran tersebut. Sebab ia ingin melanjutkan pendidikannya.
Tetapi Bpk. Abdulah Mukiran terus mendesaknya. Bahkan akan menghibahkan tanahnya seluas 2 Ha. Karena didesak terus, akhirnya KH. Masrur Musir luluh. Apalagi setelah kakaknya – KH. Abdul Malik Musir,Lc. – mendorongkan untuk menerima tawaran itu.
Untuk melihat keseriusan Bpk. Abdulah Mukiran, KH. Masrur Musir bersama Kakaknya mengunjungi lokasi yang dimaksud.Keduanya kemudian menemui tokoh-tokoh masyarakat sekitar termasuk pejabat militer. Dukungan pun terus mengalir dari para tokoh masyarakat.


Langkah awalnya dengan mendirikan Yayasan Pondok Pesantren As-salam .Tepatnya pada 10 Juni 1987. Lembaga itu dipimpin KH Abdul Malik Musir, Lc. dan KH. Masrur Musir selaku sekretsris umum.
Secara bergotong-royong masyarakat ikut membantu membangun dua lokal bangunan .walau sifatnya darurat, Tetapi berfungsi sebagai kelas dan asrama santri lokasinya Jl Palembang-jambi Km 121 Sri Gunung,Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.
Dua tahun kemudian mereka berhasil mendirikan bangunan permanen.Tahun 1990 sebuah masjid pun telah berdiri di lingkungan Pontren tersebut. Sejak saat itulah Pontren Modern As-salam berkembang dengan penambahan lokal dan bangunan lainnya hingga kini.

Keadaan Masyarakat sekitar
Lokasi tempat berdirinya PP. Assalam merupakan tempat yang sangat Strategis karena selain jauh dari kebisingan kota akan tetapi tepat didepan jalan lintas Sumatera atau Jalan Palembang-Jambi Km. 121 juga ditinjau dari segi Ekonomi masyarakat tergolong pada tingkat menengah kebawah namun selangkah lebih maju disekitar Pondok adalah perkebunan Kelapa Sawit, Karet dan Gas Alam (Pengeboran Minyak dan Gas)
Adapun masyarakat dalam bidang agama tergolong masih sangat kurang.
Kehadiran Pontren di wilayah ini, telah banyak memberi pengaruh positif bagi masyarakat sekitar dan kini berangsur-angsur masyarakat mengenal Al-Islam lebih mendalam.
Keadaan Santri Kyai dan Ustadz
Para santripun berdatangan dari berbagai daerah di Sumatera yaitu Palembang Jambi,Riau, Ambon, Sulawesi, Bangka, Bengkulu, Lampung dan Jawa. Hingga kini jumlah seluruh santri sebanyak 920 orang. Rinciannya 751 orang menginap di Asrama. Sisanya 169 orang di luar asrama.
Kulliyatul Muallimin-Muallimat Al-Islamiyah (KMI)
Pendidikan yang dikembangkan di pesantren ini adalah Kulliyatul Muallimin-Muallimat Al-Islamiyah (KMI) Tafaqquh Fiddin 6 th. Diajarkan Didaktik Metodik (Tarbiah Amaliyah & Tarbiyah Wata’lim) dikelas terakhir akan diujikan yaitu ujian Paktik Amaliyah (Ujian Praktik Mengajar) juga meliputi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Kurikulum yang digunakan merupakan Kombinasi Kurikulum pesantren. Depag dan Diknas.Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Jenjang Pendidikan yang ada saat ini :
1. Raudhatul Athfal (RA/TK)
2. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
3. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
4. Madrasah Aliyah (MA)
5. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS)
6. Lembaga Tahfizh Qur'an (LTQ)
Sekolah Tinggi Agama Islam Assalam (STAIS)
Seiring dengan perkembangan zaman semakin canggih, Teknologi semakin digalakan, Pendidikan Tinggipun semakin diminati, sedangkan masih sangat mimimnya keberadaan Lembaga Pendidikan Tinggi terutama di Daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Maka demi mengatasi permasalahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga Pendidik yang berkwalitas dan Profesional yang mampu menggali ilmu-ilmu keislaman, Yayasan Pondondok Pesantren Assalam sejak tahun 2004 berupaya untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Assalam (STAIS), yang berkonsentrasi pada jurusan Syari'ah Program Ahwal Asy-syakhshiyah (AS) dan jurusan Tarbiyah Program Pendidikan Agama Islam (PAI)
Para santri mengikuti pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah pada pagi hari. Kemudian di sore dan malam hari mendapatkan materi-materi tambahan yang dipandu oleh Wali kelas merupakan muatan agama.dan mempersiapkan pelajaran untuk esok hari mengerjakan tugas /PR dan lain-lain.
Program Pengembangan Pendidikan
Untuk meningkatkan kualitas SDM, Lembaga ini telah mengupayakan Lembaga Pendidikan Tinggi Assalam (STAIS). berkonsentrasi pada Jurusan Syari'ah Program Ahwal Asy-Syahsiah (AS) dan Jurusan Tarbiyah Program Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengupayakan beasiswa.Termasuk untuk melanjutkan ke lembaga pendidikan di Timur Tengah. Beberapa santri dan pengajar tercatat telah berhasil melanjutkan pendidikan di Timur Tengah. Seperti di Al-Azhar Cairo Mesir sebanyak tujuh belas orang , di Universitas Al-Iman Yaman sebanyak lima orang, di Universitas Madinah sebanyak dua orang dan enam orang di International Univercity Khaurthoum Of Africa Sudan.
Satu hal yang menjadi perhatian pimpinan pesantren, memperkuat basis ekonomi .Kemandirian menjadi perhatian utama. Apalagi mereka menyadari kendala terbesar menyangkut sektor dana. Oleh karena itu, kemandirian dalam soal pendanaan telah di upayakan sejak pesantren berdiri.
Sumber Dana dan Usaha Ekonomi
Sumber dana untuk keperluan Penyelenggaraan dan pengelolaan Pontren Diperoleh dari sumbangan atau iuran wajib santriwan/santriwati dan usaha Pontren sendiri antara lain Toko Pondok / Kantin , Truk (alat angkut buah sawit dll) 2 Unit KBU Wartel Kebun Kelapa Sawit seluas 20 Ha. dan 5 Ha. Sudah dipanen
Program Pengembangan dan Pemberdayaan
Langkah strategis yang diambil melalui pengadaan lahan. Dengan harapan akan dimanfaatkan untuk perkebunan.Pilihan ini didasarkan pada kondisi factual di lokasi pesantren.
KH Masrur Musir, S.Pd.I kemudian mengembangkan lahan. Semula hanya dua hektar, kini menjadi 71,5 hektar. Dengan cara membeli tanah penduduk sekitar pontren.
Sumber dana untuk pembelian, utamanya di peroleh melalui aktivitas ekonomi dari koperasi / kantin.Setiap bulannya,penghasilan koperasi dan kantin mencapai belasan juta rupiah uang itu disisihkan untuk menjadi dana utama lahan pesantren.
Upaya ini mencapai puncaknya menjelang krisis moneter dan ekonomi tahun 1997 s/d 1998. Ketika itu, secara keseluruhan pesantren telah berhasil membeli lahan dibeberapa kawasan sekitar hingga mencapai 66 ha.
Lahan seluas itu, meliputi 20 ha. Yang kini telah ditanami kelapa sawit yang sampai saat ini (th. 2005) sudah dipanen hasilnya. Lalu 5 ha. Lahan kebun karet begitu juga sampai saat ini sudah berhasil (dipanen) ditambah 4 ha. Kebun rambutan dan hasilnya sebagian digunakan untuk dana operasional pesantren. Sebagian lagi bakal diinvestasikan. dan 46 ha. Dicanangkan untuk kebun kelapa sawit.
Saat ini Pimpinan Pontren (KH.Masrur Musir, S.Pd.I) tengah mengusahakan lahan + 6200 ha, untuk kebun kelapa sawit. Bekerjasama dengan masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Bayung Lencir Musi Banyuasin dan Insya Allah pembagiannya nanti 30 % Plasma untuk masyarakat dan 70 % Inti untuk pengelola. Kerja besar itu bakal melibatkan masyarakar sekitar. Oleh karna itu, Pimpinan pesantren telah menyiapkan sebuah konsep kerja sama. Tentunya yang menguntungkan kedua belah pihak.dan langkah awal saat ini Pimpinan tengah mengurus izin lokasi secara resmi kepada Bapak Bupati Musi Banyuasin.





Sarana dan Prasarana
Untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran, Pondok Pesantren Assalam memiliki sarana dan prasarana sebagai berikut : 8 unit ruang teori (belajar) terdiri dari 26 lokal dan 9 Unit Asrama santri dan 12 unit perumahan guru, 3 Lokal Ruang Kantor, 2 buah Toko Pondok (Kantin) 4 buah kendaraan roda 4 dan 3 buah sepeda motor, dan sarana lapangan olah raga , 2 Unit Masjid , 8 Unit MCK, 1 Unit gedung Perpustakaan, 2 ruang labor Komputer, 1 unit dapur umum, 2 unit Mat'am ( Ruang Makan) 1 unit Ruang serbaguna (AULA) 1 unit peralatan Seni dan lain-lain.


ASAL-USUL TANAH KEBUN PESANTREN ASSALAM
SELUAS 47,5 Ha.

1. Tahun 1998 Pesantren mendapatklan wakap tanah seluas 30 Ha. (15 Surat ) yang diakte wakafkan ke Departemen Agama tingkat II cq. KUA Sungai Lilin
2. Tahun 1992 Popndok Pesantren mendapatkan paket bantuan penanaman kebun rambutan dan durian seluas 50 Ha. Dari Departemen Pertanian
3. Tahun 1992 untuk memenuhi pada butir ke 2 pesantren menambah tanah lagi seluas 17,5 Ha. Dari warga Sri Gunung dengan jalan ganti rugi.
4. Tahun 1993 kebun yang sudah ditanami rambutan seluas 18 Ha dipermasalahkan oleh PT. Hindoli yang kemudian telah diselesaikan (PT. Hindoli mengganti tanaman pesantren yang telah dibakarnya dan meninggalkan lahan tersebut) bukti surat terlampir.
5. Tahun 1994 kebun yang telah dibakar oleh PT. Hindoli tersebut ditanami tanaman rambutan kembali.
6. Tahun 1995 kebun rambutan dan durian seluas 43,5 Ha terbakar, sisanya 4 Ha tanaman rambutan masih ada sampai sekarang.
7. Tahun 1997 Ditanami Kelapa sawit seluas 7 Ha dan sekarang sudah dipanen.
8. Tahun 2000 lahan yang kosong ditanami kelapa sawit kembali dan sebahagian besar rusak dikarenakan dimakan tikus dan babi dan yang masih ada sekarang + 10 Ha. Sudah buah pasir.

9. Tahun 2002 Saudara Hasan menunjukkan surat tanah kepada saya (Ir. Syahfani) sebanyak 6 surat atau 12 Ha. bahwa beliau mempunyai lahan sebanyak 12 Ha dilokasi lahan pesantren tersebut. Dan saya sebagai penanggung jawab kebun Pesantren tahu benar asal – usulnya. Maka pernyataan Sdr. Hasan tersebut diatas saya sangkal dan sdr. Hasan akan mengadukannya kepihak yang berwajib dan saya persilahkan.
10. Tahun 2003 tanah yang didapat dari ganti rugi dengan warga Sri Gunung pada butir 3 kami sertifikatkan.
11. Tahun 2004 lahan yang masih kosong (rusak dimakan babi pada penanaman tahun 2000 ) dibuatkan jalan didalam kebun tersebut
12. Tahun 2005 warga Bentayan yang dibonceng oleh sdr. Hasan mempersalahkan kembali tanah tersebut yang sampai sekarang belum selesai, sehingga areal tanah pesantren yang terkena jalan PT. Gas seluas 25m x 199 m pembayaran ganti rugi masih dipending
13. Jadi kesimpulannya lokasi tanah kebun pesantren tersebut 30 Ha. Bersuratkan SKT dari Kades Bentayan yang diketahui oleh Camat Banyuasin III dan 16 Ha dari penggantian warga Sri Gunung sudah disertifikatkan dan sisanya 1,5 Ha belum bersurat

5 komentar:

  1. ass..tadz af12 aku minjem jepretan ustd.hmmm layak aku kasih nilai perfect nie...angle dan scene nya baik banget,boleh tuker ilmu photograp nya tadz....kulihat sudut assalam abis foto subhanallah kayak taman kota.....af1 ya tadz aku pinjem fotonya.....its pic real moment

    BalasHapus
  2. wass...heheheh antum itu berlebihan ah...ya ngak apa2 sukron....

    BalasHapus
  3. ustad mau tanya :
    Masa Penerimaan Santri Baru Pesantren Assalam, kapan mulainya ustad ? ..... saya ingin memasukkan anak sy ke assalam ini mohon informasinya. No.saya yang bisa di hubngi : 085384170051 nama saya pak Yusman Yusuf di jambi.
    Alamat : Pondok Pesantren As'ad
    jl.KH.A.Qadir Ibrahim No.45 Rt.02 Kec.Danau Teluk Kota jambi. Kp.36262

    BalasHapus
  4. asslm...ust gimna nih blognya di update lgi dong biar lebih seru..
    salam kenal

    BalasHapus
  5. Klw ada yg bsa bntu..tlong carikan no hp alumnus 2002 mts assalam..fitria harmonis dari bangka belitung.saya sahabatnya wktu skolah MTs.tpi aliyah kmi terpisah krn saya org tua saya ad msalah ekonomi.smpai saat ini hmpir tiap blan ad di dlm mimpi.no saya 082287381772.mkasih

    BalasHapus